Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto Lakukan Kunjungan Kerja Ke Basarnas

man-headphones

CN, Jakarta - Panglima TNl Marsekal Hadi Tjahjanto, S.lP mengapresiasi kinerja Basarnas yang dianggap telah berhasil dalam memberikan jaminan keamanan dan keselamatan masyarakat dalam pencarian dan pertolongan. “Alhamdulillah apa yang sudah dilakukan sekarang oleh Basarnas sudah sangat profesional, peralatan yang dimiliki sudah jauh lebih canggih dari tahun 2013 lalu saat saya masih bertugas disini.” Demikian diungkapkan Panglima TNI usai meninjau Basarnas Command Centre di Gedung Basarnas, Sabtu (13/1/2017).

Dalam kunjungan kerja Panglima TNI Hadi Tjahjanto S.lP ke Basarnas, disambut langsung oleh Kepala Basarnas Marsekal Madya (TNI) M.Syaugi, S.Sos., MM beserta para pejabat eselon 1. Panglima TNI Hadi Tjahjanto juga menyaksikan para personil Basarnas Special Group (BSG) yang menunjukan kemampuan menyelamatkan korban kecelakaan yang terjepit di dalam mobil atau dikenal dengan istilah Vehicle Accident Road (VAR) serta aksi penyelamatan korban di reruntuhan bangunan (Urban SAR). Berbagai peralatan canggih Basarnas juga disiapkan menyambut kedatangan panglima. 

Menurut Panglima TNI Hadi Tjahjanto, dirinya pernah bertugas di Basarnas jabatan Direktur Bina Tenaga dan Pemasyarakatan (Binga) Basarnas selama kurang lebih 9 bulan terhitung Pebruari Oktober 2013. “Kecanggihan alat yang sudah dimiliki juga harus dibangi dengan peningkatan kemampuan sumber daya manusianya, karen bila sumber daya manusianya tidak ditingkatkan maka alat yang canggih tidak akan banyak bermanfaat, selama ini Basarnas telah sangat profesional dan berhasil menjalankan tugas dalam menolong kegagalan transportasi udara, transportasi darat dan transportasi laut juga tugas-tugas khusus lainnya untuk menolong masyarakat.” Jelas Panglima TNI.

Panglima TNI Hadi Tjahjanto menambahkan, bahwa yang sekarang juga perlu menjadi perhatian dari Basarnas adalah kebijakan Open Sky. “Kehadiran dan keberhasilan tugas-tugas yang dilakukan oleh Basarnas memberikan jaminan keamanan untuk seluruh penerbangan yg masuk ke indonesia, sehingga membuat masyarakat dan turis merasa aman dan nyaman.” Pungkas Panglima TNI.

Pada kesempatan yang sama Kepala Basarnas Marsekal Madya (TNI) M.Syaugi, S.Sos., MM menunjukkan aplikasi-aplikasi tercanggih Basarnas yang digunakan dalam membantu pelaksanaan pencarian dan pertolongan di Indonesia. “Kehadiran Panglima TNI di Basarnas merupakan suatu kebanggaan, karena sosok Panglima TNI Hadi Tjahjanto tidaklah asing dengan lingkungan Basarnas. Selama memimpin Direktorat Bina Tenaga dan Pemasyarakatan Basarnas, pada tahun 2013 lalu, dikenal sebagai pimpinan yang profesional, memiliki semangat kerja tinggi, low profile, dan humoris. Seluruh pegawai Basarnas merasa senang dan bangga dengan karir Marsekal Hadi yang resmi menjabat sebagai Panglima TNl sejak Desember 2017.” Tutur M Syaugi.

Terpopuler

To Top