UMB Terpilih Sebagai Tuan Rumah Penyelenggaraan IYIA ke 4 Tahun 2017

man-headphones

CN, Jakarta - Universitas Mercu Buana (UMB) terpilih sebagai tuan rumah penyelenggaraan "The 4th International Young Inventor Award (IYIA) 2017. Event ini merupakan tahun ke empat INNOPA (Indonesian Invention and Innovation Promotion Association) mengadakan kompetisi Inovasi Internasional di Indonesia, dimana pada tahun 2014 INNOPA sukses mengadakan event IYIA pertama di Hotel Bidakara dengan lebih dari 7 Negara (Indonesia, Malaysia, Taiwan, Korea, Egypt, Romania dan Croasia) yang berpartisipasi pada event tersebut.

"Terpilihnya UMB sebagai tuan rumah penyelenggaraan IYIA ke-4 ini merupakan bukti pengakuan Internasional. Karena event ini merupakan pertemuan para inovator muda di seluruh dunia yang banyak diantara karya temuan tersebut berdampak pada peradaban manusia," kata Wakil Rektor UMB, Prof. Dana Santoso, Ph.D saat mendampingi Direktur Jenderal Penguatan Inovasi Kemenristekdikti, JumainAppe meninjau ruang pameran IYIA 2017 di Aula Kampus UMB Jakarta, Jumat (22/9/2017).

Menurut Prof. Dana, tujuan dari event ini adalah untuk memperkenalkan serta mempromosikan hasil karya inovasi kepada masyarakat luas, menyalurkan minat para inovator Indonesia dan juga sebagai wadah untuk menjembatani para inovator Indonesia dalam berkompetisi di bidang inovasi dengan masyarakat dunia.

Sementara itu Direktur Jenderal Penguatan Inovasi Kemenristekdikti, JumainAppe mengatakan bahwa kegiatan ini sangat inspiratif karena kedepan nanti SDM harus didorong agar SDM ini bisa berinovasi dan kreatif dalam rangka menciptakan produk-produk yang memiliki daya saing.

"Indonesia kedepan memerlukan banyak inventor-inventor dan inovator yang bisa terlahir dari event seperti ini dan kita harapkan ini terjadi baik secara nasional dan internasional sehingga sistim inovasi kita dapat berjalan karena inti dari inovasi yaitu sinergi dan kerjasama," ungkap JumainAppe.

Acara IYIA 2017 dimulai dengan opening ceremony pada hari ini Jumat 22 September 2017 yang dihadiri oleh Presiden INNOPA Erricha Insan Pratisi, Man Li (Asosiasi Inovasi Dunia World Invention Intellectual Property Associations (WIIPA), Dr. Ir. Arissetyanto Nugroho, MM (Rektor Universitas Mercu Buana) dan beberapa Head of Delegation dari berbagai negara. IYIA 2017 kali ini diikuti lebih dari 200 tim yang berasal dari nasional maupun internasional terdiri dari beberapa negara seperti Indonesia, Malaysia, Egypt, Filipina, Sri Lanka, Jordan, Thailand, Iran, Suriah, Taiwan, India, Macau dan Vietnam.

Fokus dalam pelaksanaan IYIA tahun ini merupakan pameran dari inovasi kreatif yang dihasilkan oleh pemuda diseluruh dunia. Peserta dapat mempresentasikan hasil kreativitasnya dan invensinya dalam bentuk sampel, prototipe dan sebagainya.

Terpopuler

To Top