Panglima OPM Yapen Timur Gabung NKRI

man-headphones

CN, Serui - Panglima Tentara Pembebasan Nasional  Organisasi Papua Merdeka (TPN OPM) Yapen Timur, Kris Nussy alias Corinus Sireri beserta seluruh anak buahnya menyerahkan diri. Sejumlah barang bukti, diantaranya 12 pucuk senjata diserahkan kepada Kabinda Papua dan Tim Maleo, Kodam XVII Cendrawasih di bukit Wadafi kampung Mamarimp, Distrik Wadamoni, Kabupaten Kepulauan Yapen, Papua, Selasa (15/8/2017).

Corinus mengaku dirinya dan anak buahnya telah ditipu oleh pihak-pihak kelompok OPM di Papua yang menyatakan perjuangan mereka akan menghasilkan kemerdekaan Papua.

Ia baru menyadari jika perjuangannya selana 20 tahun terakhir ternyata tidak membuahkan hasil samasekali. Padahal selama itu ia bersama pasukannya harus meninggalkan anak dan istri serta tinggal didalam hutan. "Saya punya maitua (istri) dan 6 orang anak yang tinggal di pantai kampung Mamarimp, saya pulang hanya sekali-sekali," jelas Corinus.

Belum harus menahan rasa rindu terhadap keluarga, Corinus juga mengaku masyarakatnya membenci dirinya bersama anak buahnya lantaran bergabung dengan TPN OPM. "Semua itu hanya tipu-tipu. Perjuangan kami selama 20 tahun tidak menghasilkan apa-apa, malah kami dibenci masyarakat kami sendiri," ungkap Corinus.

Setelah menyerahkan diri kepada Kabinda Papua dan Tim Maleo, Corinus pun berkomitmen untuk membantu Pemerintah. Terutama dalam membangun kampungnya agar menjadi lebih maju.

Ia bahkan berniat membantu aparat kampung untuk membangun, dan berharap agar anak laki-lakinya yang kini masih duduk dikelas 2 SMP kelak dapat menjadi anggota TNI.

Terpopuler

To Top