Puja Bhakti Waisak 2561 BE/2017 Sekolah Dasar Pahoa di Wihara Ekayana Serpong

man-headphones

CN, Serpong - Sekitar seribu murid Sekolah Dasar beserta orangtuanya melakukan Puja Bhakti  Waisak di Wihara Ekayana Serpong hari Sabtu, 13 Mei 2017. Puja Bhakti ini merupakan Puja Bhakti rutin yang dilakukan oleh murid-murid SD Pahoa dan tahun 2017 ini dilakukan di Wihara Ekayana Serpong.  Hari Waisak memperingati tiga peristiwa penting, yaitu hari kelahiran, hari pencapaian pencerahan sempurna dan hari parinibanna (mangkat)-nya Buddha Sakyamuni, Guru Agung Umat Buddha.

Kegiatan yang dimulai pukul 08.00 ini diawali dengan pindapatta yang merupakan tradisi dimana para murid dan orangtua berkesempatan berbuat kebajikan dengan memberikan dana makan/kebutuhan sehari-hari ke dalam patta (mangkuk) kepada para Anggota Sangha. Setelah melakukan pindapatta, murid-murid dan orangtua melakukan Puja Bhakti dengan dipimpin anggota Sangha. Murid-murid dan orangtua begitu khusuk melakukan Puja Bhakti di semua ruangan Wihara Ekayana Serpong dari lantai 1 sampai lantai 5. Acara ini juga dihadiri oleh Kepala Sekolah SD Pahoa, Ibu Maria Semi Nuryanti, S.Pd., M.Si.       
Tema Waisak SD Pahoa kali ini adalah “Saling Menyayangi Dalam Keberagaman”. Ibu Auramaitri Winardi sebagai Ketua Panitia Puja Bhakti SD Pahoa 2017 mengatakan di Sekolah Pahoa murid-murid mengetahui akan adanya perbedaan suku, agama, ras, dan lainnya.  Dengan kegiatan perayaan Waisak ini, murid-murid diingatkan kembali untuk saling rukun, saling bantu, welas asih, dan saling menyayangi, serta baik kepada sesama. Para murid diharapkan dapat mengerti arti berdana kepada anggota Sangha, mengembangkan kebajikan dengan berbagi kepada guru yang patut dihormati. 
Wihara Ekayana Serpong sendiri berlokasi di sebelah Sekolah Pahoa berlokasi di Jl. Ki. Hajar Dewantara 3A, Gading Serpong, Tangerang. Wihara ini didirikan untuk memenuhi kebutuhan umat Buddha baik anak-anak, remaja, pemuda, maupun orang tua yang  berlokasi di daerah Gading Serpong. Kegiatan yang telah dilakukan adalah Kebaktian Umum, Kebaktian Remaja dan Sekolah Minggu Anak yang diadakan setiap hari Minggu pukul 09.00-11.00 serta kegiatan meditasi yang dilakukan hari Selasa pukul 19.00-21.00 WIB

Terpopuler

To Top