Perayaan Hari Waisak 2561 BE/2017 di Wihara Ekayana Serpong

man-headphones

CN, Tangerang - Pada Hari Raya Waisak, umat Buddha memperingati tiga peristiwa penting, yaitu hari kelahiran, hari pencapaian pencerahan sempurna dan hari parinibanna (mangkat)-nya Buddha Sakyamuni, Guru Agung Umat Buddha. 

Di samping tiga peristiwa ini, Umat Buddha juga mengenang kehadiran Buddha di dunia ini yang penuh kasih, kehadiran Buddha yang telah menerangi dunia. Dan kita akan benar-benar menyadari bahwa kasih Buddha menerangi dunia.

Karena kasihNya kepada dunia, Buddha telah menunjukkan kepada kita bahwa manusia itu mampu menjadi Buddha. Selanjutnya, setelah menjadi Buddha, karena kasihNya Beliau mengajarkan Dharma yang merupakan jalan pembebasan total dari duka, jalan untuk mencapai Kebahagiaan Sejati. Sanggha yang Beliau bentuk adalah komunitas harmonis dari para praktisi Dharma, yang melalui kasih Buddha, Sanggha yang secara turun temurun masih berlanjut hingga kini adalah komunitas pelestari Dharma. 
Tahun ini, Hari Raya Waisak jatuh pada hari Kamis, 11 Mei 2017. Untuk memperingatinya,  Wihara Ekayana Serpong, yang terletak di Jl. Ki Hajar Dewantara 3A, Gading Serpong, Tangerang, mengadakan kegiatan puja bakti Waisak. 

Acara ini dihadiri oleh Biksu Aryamaitri Mahasthavira selaku Kepala Wihara Ekayana Serpong, Biksu Dharmavimala Mahathera selaku Wakil Kepala Wihara Ekayana Serpong, serta para anggota Sangha lainnya. Para umat sangat antusias dan berbahagia dengan adanya kesempatan untuk berbuat kebajikan ini. 

Acara juga dimeriahkan dengan kesenian yang dibawakan oleh adik-adik dari Sekolah Minggu Wihara Ekayana Serpong dan Komisi Remaja Wihara Ekayana Serpong.

Puja Bakti Waisak ini sendiri merupakan puncak dari serangkaian acara dengan tema “Memahami Kebhinekaan dalam Kebersamaan”  yang telah diselenggarakan di Wihara Ekayana Serpong selama bulan Waisak. Acara-acara yang telah diselenggarakan  adalah Pradaksina Kitab Suci Tripitaka, Bakti Sosial, Ceramah Dharma, Pekan Meditasi, Wisudhi Trisarana / Upasaka / Upasika. 

Rangkaian Perayaan Waisak ini merupakan perayaan pertama Wihara Ekayana Serpong yang mulai beroperasi pada bulan November 2016 lalu. Dengan kegiatan ini diharapkan umat dapat meningkatkan praktik welas asih dan juga mewujudkan kepedulian para umat Buddha terhadap masyarakat dan lingkungan, ungkap Bapak Yogie, selaku Ketua Umum Panitia Perayaan Waisak tahun 2017.
 

Terpopuler

To Top