Wihara Ekayana Serpong Gelar Prosesi Kitab Suci Tripitaka

man-headphones

CN, Jakarta - Wihara Ekayana Serpong yang berlokasi di kawasan Summarecon Gading Serpong - Tangerang menggelar acara Prosesi Kitab Suci Tripitaka dan doa bersama dipimpin Bhante Aryamaitri bersama anggota sangha yang dihadiri 500 umat buddha, Senin (1/5/2017).

Prosesi Tripitaka ini merupakan acara awal sebelum perayaan Waisak, dimana umat melakukan meditasi jalan dengan melantunkan doa-doa mengelilingi gedung Wihara. Prosesi ini diawali dengan prosesi bendera, prosesi puja, barisan anggota sangha, dan diikuti oleh 360 umat Buddha yang membawa 360 buku Tripitaka.

Perayaan Waisak tahun 2017 ini merupakan perayaan waisak  pertama di Wihara Ekayana Serpong karena wihara ini merupakan wihara baru di kawasan Gading Serpong yang mulai digunakan ibadah bagi umat Buddha pada bulan November 2016. Wihara Ekayana Serpong dibangun di atas tanah seluas 3000 m2 dengan bangunan 5 lantai.

Hari Waisak adalah Hari Buddha, oleh karena itu di hari peringatan Waisak kita sesungguhnya tidak hanya dibatasi untuk hanya mengenang tiga peristiwa: kelahiran calon Buddha, yaitu Pangeran Siddhartha Gotama, di Taman Lumbini; tercapainya Penerangan Sempurna, yaitu Petapa Gotama menjadi Buddha, di Buddha Gaya; dan  Mahaparinirwana Buddha, yaitu Buddha Gotama meninggalkan dunia ini, di Kusinara, tetapi kita juga dapat mengenang kehadiran Buddha di dunia ini secara lebih utuh. 

Kehadiran Buddha yang penuh kasih, kehadiran Buddha yang telah menerangi dunia. Dan kita akan benar-benar menyadari bahwa kasih Buddha menerangi dunia. 
Karena kasihNya kepada dunia, Buddha telah menunjukkan kepada kita melalui lakon perjuangan Pangeran Siddhartha dan Petapa Gotama, bahwa manusia itu mampu menjadi Buddha. Selanjutnya, setelah menjadi Buddha, karena kasihNya Beliau mengajarkan Dharma yang merupakan jalan pembebasan total dari duka, jalan untuk mencapai Kebahagiaan Sejati. Sanggha yang Beliau bentuk adalah komunitas harmonis dari para praktisi Dharma, yang melalui kasih Buddha, Sangha yang secara turun temurun masih berlanjut hingga kini adalah komunitas pelestari Dharma. 
Di samping Prosesi Tripitaka, Wihara Ekayana Serpong juga mengadakan beberapa acara seperti Dharmatalk, Pekan Meditasi, Bakti Sosial, Wisudhi Trisarana/Upasaka/Upasika, dan Puncak Perayaan Waisak yang akan diselenggarakan pada hari Kamis, 11 Mei 2017 pukul 17.00-19.00 di Bhaktisala lantai 1 Wihara Ekayana Serpong. 

Semoga dengan berkah Waisak 2017, semua makhluk dapat menjalankan nilai-nilai ajaran Buddha dengan penuh kesadaran dan lebih baik lagi dalam kehidupan sehari-hari.

Terpopuler

To Top